Hubungan Caring Perawata dengan Kepuasan Pasien di Ruang Instalasi Gawat Darurat di RS Pekanbaru

  • Riamah STIKes Tengku Maharatu
  • Lita Nafratilova STIKes Tengku Maharatu
  • Novi Eka Putra STIKes Tengku Maharatu
Keywords: caring perawat, kepuasan pasien

Abstract

Caring merupakan bentuk kepedulian perawat terhadap klien sebagai bentuk perhatian, penghargaan dan mampu memenuhi kebutuhannya. Puas atau tidaknya pasien terhadap pelayanan kesehatan merupakan indikator dan salah satu faktor penentu baik buruknya kualitas pelayanan keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien dalam memberikan asuhan keperawatan di IGD RS Awal Bros Panam. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian Cross sectional dilakukan di IGD RS Awal Bros Panam. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 92 responden, menggunakan teknik non probability yaitu Accidental Sampling. Analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan kai kuadrat untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan Caring Perawat (p value 0,001; α= 0.05) terhadap kepuasan pasien dalam memberikan asuhan keperawatan di IGD RS Awal Bros, responden yang menganggap caring perawat tidak baik berpeluang 5,4 kali tidak puas terhadap caring perawat dibandingkan dengan mereka yang menganggap caring perawat baik. Disarankan untuk melakukan upaya meningkatan kemampuan perawat dalam melayani pasien khusus yang berhubungan dengan cara mengatasi keberatan pasien terhadap tindakan yang diberikan sehingga tercipta suasana hangat dan terbuka, yang berpengaruh kepada mutu pelayanan dan kepuasan pasien.

Published
2021-10-30